Revitalisasi Aum Pendidikan Sebagai Basis Kader Persyarikatan

0
372

MuhammadiyahPati.com, Sukolilo – Pada hari senin tanggal 20 Desember 2016 bertempat di Aula SMP Muhammadiyah, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Sukolilo Kab. Pati Jawa Tengah menyelenggarakan Acara penguatan pendidik dan tenaga kependidikan Muhammadiyah bertemakan Revitalisasi Aum Pendidikan Sebagai Basis Kader Persyarikatan. Peserta sebanyak 117 orang terdiri dari seluruh pendidik dan tenaga kependidikan Muhmmadiyah mulai dari tingkat PAUD, SD, SMP, DAN SMU serta ustadz/ustadzah pondok pesantren Muhammadiyah se wilayah Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sukolilo. Pembukaan oleh ketua PCM H. Ali Hadi Broto dengan sambutan pengarahannya . “Bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud lebih menguatkan bagi pendidik dan para ustad dalam bermuhammadiyah serta meningkatkan perannya dalam membina murid dan santrinya agar kelak ia benar benar menjadi kader persyarikatan yang tangguh dan bermanfaat bagi masyarakat.”

Pada pemaparan materi pertama dengan nara Sumber Bp. H. Sutaji, SH, MM yang pernah menjabat ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pati periode muktamar ke 45 dan 46 itu berpesan agar para guru dan ustadz meluruskan niat dalam bekerja di sekolah atau pondok Muhammadiyah semata mata untuk beribadah dan mengharapkan ridho Allah SWT , berideologi Muhammadiyah,  memperkokoh sistem gerakan,  senantiasa mengembangkan wawasan , taat azas dan keputusan  organisasi serta berusaha memajukan Muhammadiyah.

Sementara pada sesi materi  ke dua dg nara Sumber ibu Hj. Lintamuna, S. Pd.I,M, Ag yang juga unsur pimpinan majelis tabligh pimpinan wilayah aisyiyah Jawa tengah mengharapkan agar seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan bersungguh sungguh dalam mengelola sekolah dengan mencurahkan segenap kemampuan termasuk bagaimana menggali potensi dan sumberdaya keuangan demi mendukung kemajuan pendidikan muhammadiyah.

Sedangkan narasumber ke tiga bapak Hanif Asyhar, MPd, CH, CHt dari kota Malang Jawa Timur memotivasi kepada peserta agar seluruh komponen pendidikan memiliki persepsi yang sama terhadap visi dan misi sekolah . Ia jg menekankan agar memiliki cita cita mewujudkan sekolah yang besar mengingat sekolah kecil atau besar sama sama tidak lepas dari adanya masalah atau persoalan. Hal penting lain yang dipesankan adalah agar guru menulis setiap ide atau gagasannya sehingga pada saat rapat atau di kesempatan lain bisa disampaikan guna mendukung kemajuan sekolah.

Diakhir kegiatan disampaikan

kesimpulan dan harapan Pcm sukolilo terhadap seluruh tenaga pendidik dan kependidikan amal usaha Muhammadiyah yang dibacakan oleh sekretaris PCM Sukolilo Imam Sopyan, S. Ag, MM a.l.

  1. AUM pendidikan muhammadiyah harus menjadi basis kader persyarikatan ;
  2. Seluruh  pendidik dan tenaga kependidikan Amal Usaha Muhammadiyah wajib mengikuti kebijakan  persyarikatan
  3. Seluruh pendidik dan tenaga kependidikan muhamadiyah wajib meningkatkan wawasan keilmuan dan mengikuti kajian taklim yang diselenggarakan oleh muhamadiyah
  4. Seluruh pendidik dan tenaga kependikan muhammadiyah harus menjadikan muhammadiyah sebagai ladang ibadah bukan semata mata ladang mencari penghidupan dunia..
  5. Seluruh pendidik dan tenaga kependidikan muhammadiyah wajib mengamalkan ajaran islam menuju terwujudnya masyarakat islam yang sebenar benarnya.

Kegiatan berahir tepat jam 16.00 wib ditutup oleh Sekretaris PDM Kab. Pati bp. Taufiq, S. Mn yang memesankan agar kegiatan ini menjadi langkah awal penguatan yang harus diimplementasikan dalam kegiatan nyata sehingga harapan kita memiliki sekolah muhammadiyah yang maju bisa terwujud.

LEAVE A REPLY


*