Mencetak Militansi Kader, Pemuda Muhammadiyah Pati Gelar Diklatsar KOKAM

0
563

MuhammadiyahPati.com, Pati – Pendidikan dan latihan dasar (DIKLATSAR) Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Pimpinan daerah pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Pati sukses dilaksanakan, pada Rabu (4/5) hingga Kamis (5/5) lalu. Acara tersebut diadakan di SD Muhammadiyah 01 Pati.

Kegiatan yang diikuti sekitar 90 peserta dari seluruh pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM), serta Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) ini bertujuan untuk perekrutan anggota baru KOKAM. Dengan harapan semakin banyaknya anggota, maka KOKAM semakin kuat dan semakin siap dalam menghadapi situasi yang muncul dalam perjuangan dewasa ini.

Acara diklat tersebut merupakan bagian dari rangkaian program kerja departemen KOKAM Pimpinan daerah Pemuda Muhammadiyah kabupaten Pati. Menurut Bambang Sumaryono Selaku Ketua Panitia Diklatsar tersebut, apresiasi peserta terhadap pelatihan kokam ini sungguh besar. Terbukti dengan jumlah peserta yang banyak, berarti peserta sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Semoga setelah kegiatan ini ada tindak lanjut dan harapanya terus menjalin komunikasi untuk memperkuat kesatuan anggota KOKAM di tingkat PCPM maupun PDPM, ” ujar Bambang.

Dalam seremonial pembukaan dihadiri oleh ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pati Ayahanda Muhammad Asnawi. Ia menyampaikan bahwa KOKAM harus siap dalam perjuangan Islam untuk menghadapi segala resiko yang ada. KOKAM sangat dibutuhkan oleh Muhammadiyah. Muhammad Asnawi juga menyampaikan, Kokam lahir sebagai jawaban atas keprihatinan segenap kader persyarikatan Muhammadiyah pada awal tahun 1965. Pada waktu itu kondisi perpolitikan Indonesia sangat memprihatinkan. Maka kemudian lahirlah Kokam yang didirikan Pemuda Muhammadiyah. Dengan tujuan utama untuk memberikan dukungan fisik terhadap perjuangan bangsa, khususnya dalam mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari ancaman-ancaman pada saat itu.
Seiring berjalanya waktu, kemudaian kokam menjelma menjadi wahana pembinaan fisik dan mental bela negara di bawah binaan Pemuda Muhammadiyah. “Kokam adalah wadah pembentuk pribadi kader pesryarikatan yang militan, tahan banting, serta unggul dalam wawasan Islam dan nasionalisme”, kata Asnawi.

Berbagai materi yang disampaiakan dalam kegiatan diklatsar yaitu materi terkait ideology muhmmadiyah, karakter kokam dan pemuda muhammadiyah, Pelatihan Baris-Berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan militer (PPM), Survival, SAR dan Kesehatan lapangan. Materi tersebut disampaikan oleh mereka yang berpengalaman yaitu Komando Sistrik Militer (Kodim 0718 ) Pati, Brimob Pati, PKU Muhammadiyah Pati serta KOKAM Pimpinan Daerah Pemuda Muhmmadiyah Kabupaten Pati. ( Irul )

LEAVE A REPLY


*